CERAMAH DIFTERI DI WINGDIKUM

       Seluruh anggota Wing Pendidikan Umum dan perwakilan dari Skadik 501 dan 503 mendapatkan ceramah tentang penyakit Difteri di ruang rapat Wingdikum, Bogor, Senin (22/1).    Hadir  Komandan Wingdikum Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, ST.,M.M.   Bertindak sebagai pemberi materi ceramah Letkol Kes dr. Budiarto, Sp.PD Karumkit RSAU dr. M.Hassan Toto dan  Mayor Kes Seno Hadi.   Karumkit mengatakan bahwa Difteri adalah penyakit yang menular yang umumnya menyerang anak-anak atau bayi, biasanya Infeksi bakteri menular melalui udara.    “Di sebagian daerah penyakit ini sudah menjadi KLB atau kejadian luar biasa dimana kasus yang menjadi penyebab kematian yang tinggi dan merupakan suatu wabah dan menular kepada yang lain serta menimbulkan banyak korban yang tidak tertolong.
         Penyebaran Difteri melalui udara, seperti air ludah, batuk atau bersin yang membawa kuman Difteri dan Eksudat dari lesi kulit yang terinfeksi dan benda, makanan, minuman yang terkontaminasi serta kontak langsung dengan penderita”, kata Karumkit.   Lebih lanjut Karumkit mengatakan bahwa pencegahan penyakit Difteri dapat dilakukan dengan Vaksin DPT, Td dan TdaP, menghindari kontak dengan penderita langsung, menjaga kebersihan diri dan lingkungan rumah, menjaga stamina tubuh dengan makanan yang bergizi dan berolah raga, melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, bila mempunyai keluhan saat menelan segera memeriksakan ke unit kesehatan terdekat serta penderita difteri agar menggunakan masker sampai sembuh, kata Karumkit menjelaskan.
    Danwingdikum mengatakan bahwa dengan ceramah tentang penyakit Difteri ini, kita harus lebih alert. “Apabila ada gejala dan hal-hal yang mencurigakan pada diri kita dan keluarga kita, untuk secepatnya dibawa ke rumah sakit.    Lebih banyak ceramah tentang kesehatan, kita lebih banyak mengetahui  penyakit dan cara pencegahannya”, kata Danwingdikum.

Komentar